MPPL B - Quiz 1

Ahmad Ibnu Malik Rahman
5025201232

Quiz 1

1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).
2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan.
3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.
4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing.
5. Tuliskan draft Project Charter untuk link proyek berikut :

1. - Proyek adalah kegiatan untuk satu atau lebih orang dengan tujuan, hasil, dan waktu yang ditentukan. Sedangkan pekerjaan rutin adalah pekerjaan yang dikerjakan sehari-hari secara rutin
- Anggaran pada pekerjaan proyek lebih detail dan jelas dibandingkan pekerjaan rutin
- Waktu dalam pekerjaan proyek memiliki awal dan akhir yang pasti, sedangkan pekerjaan rutin tidak
- Proyek melibatkan manajemen resiko, komunikasi, ruang lingkup, dan lain lain. Sedangkan pekerjaan rutin tidak

2. - Smart planning: 

Membuat perencanaan yang komprehensif membuat proyek satu langkah lebih dekat pada kesuksesan sejak awal. Dalam proses ini, seluruh stakeholder harus diikut-sertakan agar mereka selalu tahu ke arah mana proyek akan berjalan.


- Smart people:
Penting untuk memilih sumber daya yang kompeten pada bidang yang ia tangani. Penting juga untuk memastikan mereka memiliki komitmen yang tinggi pada tujuan tim serta berbagi visi dan misi yang selaras untuk menuju kesuksesan proyek

- Open communication:
Menjaga komunikasi terbuka dalam tim sangat berpengaruh pada kesuksesan proyek. Hal ini karena komunikasi adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya masalah.  

- Risk management:
Melakukan manajemen resiko secara cermat juga menjadi hal wajib untuk project manager. Dalam tahap perencanaan, project manager harus memastikan telah membuat rincian risiko yang mungkin dihadapi dan solusinya selama proyek berjalan hingga tahap penutupan.

- Strong project closure:
Memastikan bahwa semua faktor penentu keberhasilan yang sudah disepakati bersama di tahap perencanaan memang sudah terpenuhi. Melakukan konfirmasi kepada klien perihal hasil proyek melalui dokumen tertulis yang sudah ditandatangani

3. - Manajer proyek: 
Merencanakan, memotivasi, mengatur, dan mengontrol para praktisi yang melakukan pekerjaan perangkat lunak

- Praktisi: 
Memberikan ketrampilan teknis yang diperlukan tim (Analis Sistem, Desainer Sistem, Programmer)

- Pelanggan
Menentukan kebutuhan perangkat lunak yang akan direkayasa dan pemangku kepentingan lain yang memiliki kepentingan terhadap hasil proyek

- Pengguna akhir: 
Berinteraksi dengan perangkat lunak setelah perangkat lunak tersebut dikeluarkan untuk digunakan

4. - Project Manager: 
Membuat rencana kerja, menugaskan pekerjaan ke anggota tim proyek, memonitor dan bertanggung jawab atas proyek 

- System Analis: 
Melakukan analisis sistem yang akan dibangun dengan cara wawancara dengan pihak ditunjuk, membuat diagram-diagram 

- Designer: 
Membuat desain aplikasi (bentuk menu aplikasi, bentuk form, bentuk report, dll)

- Programmer: 
Membuat program aplikasi sesuai dengan hasil analisis dan desain yang ditentukan bekerjasama dengan designer dan analyst 

- Tester: 
Melakukan pengujian/test terhadap program aplikasi, membuat list tentang hal-hal yang perlu diperbaiki 

- Documentator: 
Membuat dokumen sisitem (desain spec sistem), SOP bekerjasama dengan analist, designer, programmer, administraror 

- Administrator: 
Membantu dalam membuat dokumen manajemen proyek dan mengarsipkan dokumen-dokumen administrasi

5. 

Komentar

Postingan Populer